Thursday, March 23, 2023

7 Cara Terapi Musik Untuk Membuat Anda Sehat

 


Penelitian telah mengungkapkan bahwa musik dapat menyembuhkan kesehatan mental dan fisik Anda: meningkatkan aliran darah dan melemaskan sel-sel otak Anda. Mengejutkan mengetahui bagaimana kita dilahirkan dengan naluri alami untuk memisahkan antara dentingan dan musik.

Meskipun belum jelas bagaimana musik memengaruhi mekanisme tubuh kita, tetapi saat mendengarkan musik, otak kita melepaskan zat kimia dopamin yang bertindak sebagai neurotransmitter antara otak dan sel saraf. Bahan kimia ini sebenarnya bertanggung jawab atas peningkatan suasana hati kita, menjaga tekanan darah, dll. Jadi, musik bertindak sebagai katalis yang secara positif memengaruhi pikiran dan tubuh kita.

Beberapa cara terapi musik dapat membuat Anda sehat:

1. Musik mengurangi stres dan kecemasan

Musik bertempo ringan tanpa banyak kekacauan lirik atau instrumen kasar sangat menenangkan dan membantu orang untuk menghadapi situasi menyakitkan dalam hidup.

Ini berurusan dengan beberapa pencipta stres dan mengurangi tingkat kortisol dan menenangkan detak jantung. Penelitian telah membuktikan bahwa mendengarkan musik lebih efektif daripada mengonsumsi obat penghilang rasa sakit oral. Ini juga membantu dalam pemulihan cepat pasien pasca operasi medis.

Berlatih musik sama efektifnya dengan mendengarkannya. Bernyanyi dalam paduan suara, atau mengetuk kaki Anda, atau gerakan ringan tubuh sambil bernyanyi menyinkronkan tubuh dengan irama musik dan menyebarkan efek menenangkan pada seluruh kelompok.

Orang tua dapat menggunakan musik untuk menenangkan bayi dan manula dapat menggunakannya untuk memotivasi diri mereka sendiri.

2. Memainkan alat musik mempertajam konsentrasi

Mempelajari teknik baru membutuhkan kesabaran dan konsentrasi, tidak terkecuali alat musik. Kelas musik reguler sejak masa kanak-kanak dapat membantu seseorang menjadi lebih fokus saat dewasa. Itu tidak hanya mengembangkan dorongan untuk tampil tetapi juga mempertajam pikiran. Studi telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang telah diperkenalkan dengan beberapa alat musik lebih sukses dalam hidup mereka daripada mereka yang belum mengenalnya.

Selain itu, belajar memainkan alat musik membantu Anda mengalihkan pikiran dari tekanan hidup sehari-hari. Dengan berkonsentrasi pada sesuatu yang produktif, Anda benar-benar melibatkan otak Anda lebih produktif daripada yang bisa Anda lakukan sebaliknya. Itu juga memainkan peran utama dalam menenangkan Anda dan menghentikan Anda dari memiliki pikiran yang tidak diinginkan dan mengganggu. Setelah mengikuti kelas musik pun, Anda akan merasa lebih segar dan lebih fokus menghadapi tantangan hidup.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai, jadi meskipun Anda belum diperkenalkan dengan musik di masa kecil Anda, Anda selalu dapat memulai sekarang dan melihat keajaibannya sendiri!

3. Latihan musik memperkuat fungsi eksekutif otak

Melalui penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Montreal, terungkap bahwa sel-sel otak musisi lebih waspada dibandingkan non-musisi.

Mempelajari beberapa jenis musik atau alat musik memainkan peran penting dalam penataan sel-sel otak dan fungsinya. Jika dimulai sejak usia dini, ada baiknya meningkatkan daya ingat.

Kita semua tahu dampak permainan memori, permainan otak, dan mainan edukatif lainnya; mereka adalah sumber yang baik untuk mengasah kemampuan berpikir kita, kecerdasan emosional dan mempersiapkan kita untuk menjadi lebih sukses. Musik dan khususnya belajar memainkan alat musik lebih efektif daripada permainan ini dan memiliki dampak yang lebih baik pada pikiran kita.

Musik mengintegrasikan data dari berbagai indera yang memiliki manfaat jangka panjang di otak kita dan juga dapat bermanfaat di dunia usaha dan bisnis.

4. Musik dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Penelitian telah mengungkapkan bahwa mendengarkan musik yang menginspirasi selama kurang lebih satu jam setiap hari membantu meningkatkan tingkat antibodi dalam tubuh. Musik memainkan peran penting dalam melawan stres dan merilekskan otak manusia, yang pada gilirannya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hormon stres memainkan peran negatif dalam fungsi tubuh secara keseluruhan, dan ketika ini ditenangkan, seluruh tubuh berfungsi lebih efisien.

Juga disimpulkan bahwa tidak hanya mendengarkan musik, tetapi bernyanyi, menari atau memainkan alat musik memiliki dampak positif yang sama pada sistem kekebalan tubuh manusia.

5. Musik membantu kita berolahraga

Cara terbaik untuk memulai hari Anda adalah dengan berolahraga diiringi musik yang bagus. Beberapa orang juga memilih ini di penghujung hari untuk melepaskan stres sepanjang hari. Musik dan olahraga menyegarkan pikiran dan tubuh Anda dan ketika keduanya saling melengkapi, manfaatnya juga berlipat ganda.

Saat Anda mendengarkan musik, pikiran Anda dialihkan, dan Anda tidak merasakan tekanan dari latihan yang keras. Jadi, dengan mengalihkan pikiran Anda, Anda dapat melibatkan tubuh Anda ke sesi yang lebih efektif.

Itu juga mengangkat suasana hati kita dan memberi kita semangat untuk menjadi lebih persuasif. Selain itu, saat mendengarkan musik bertempo cepat, pikiran dan tubuh Anda selaras dengan ketukan sehingga memudahkan sesi latihan Anda.

6. Mempromosikan interaksi sosial

Manfaat lain dari musik yang telah diamati akhir-akhir ini adalah membantu menciptakan ikatan yang lebih baik antar manusia. Saat Anda berbagi pengalaman musik baik dengan menghadiri konser apa pun atau dengan bermain dalam grup yang sama, pikiran Anda selaras dengan nada yang sama dan hal itu mengembangkan rasa memiliki dan empati.

Anak-anak yang diperkenalkan dengan musik atau berpartisipasi dalam program musik sejak usia dini lebih sensitif dan mengembangkan keterampilan interaksi sosial jauh lebih baik daripada mereka yang berpartisipasi dalam program non-musik.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Musik menyenangkan dan menenangkan dan berdampak langsung pada sistem parasimpatis Anda, yang bertanggung jawab atas istirahat dan pencernaan Anda. Saraf ini memainkan peran penting dalam merilekskan tubuh dan mempersiapkan Anda untuk tidur.

Penelitian telah dilakukan di antara sekelompok orang, di mana satu kelompok dibantu dengan musik santai selama 45 menit sebelum tidur, dan kelompok lainnya langsung tidur setelah menyelesaikan jadwal harian mereka. Kelompok pertama memiliki anggota yang tertidur lebih cepat, bangun lebih sedikit di malam hari, dan dilaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada kelompok lainnya.

Musik menenangkan Anda dan karenanya dokter menyarankan orang yang menderita insomnia untuk menanamkan kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur.

Musik paling baik diekspresikan oleh Plato, yang pernah berkata, "Musik memberi jiwa ke alam semesta, sayap ke pikiran, terbang ke imajinasi dan kehidupan ke segalanya." Nikmati mendengarkan musik!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Cara Terapi Musik Untuk Membuat Anda Sehat

0 comments:

Post a Comment